Masyarakat Desa Salaon Dolok Minta Bupati Samosir Lanjutkan Sirtunisasi

Masyarakat Desa Salaon Dolok berterima kasih atas program sirtunisasi oleh Bupati Samosir melalui Bunga Desa. Warga pun minta program tersebut terus berlanjut.

topmetro.news – Masyarakat Desa Salaon Dolok berterima kasih atas program sirtunisasi oleh Bupati Samosir melalui Bunga Desa. Warga pun minta program tersebut terus berlanjut.

Demikian harapan masyarakat melalui tokoh setempat saat Bupati Samosir berkantor di Desa Salaon Dolok, Kamis (19/10/2023).

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon, anggota DPRD Saurtua Silalahi, Marco Simbolon dan Polma Gurning. Hadir juga, Pj Sekda Rita Tavip Megawati, SAB Rudi SM Siahaan, HUT Isasar Simbolon, Asisten II Hotraja Sitanggang, Asisten III Waston Simbolon. Kemudian, pimpinan OPD, Camat Ronggurnihuta Bresma Simbolon, dan TBPP.

“Masyarakat Salaon Dolok bangga dan bahagia, jalan sudah sirtunisasi. Lebih bangga lagi dan merasa merdeka Desa Salaon Dolok yang tidak pernah disentuh aspal baru kali ini kami merasakan dan melihat langsung,” kata Tumpal Simbolon didampingi Torop Sitanggang mewakili tokoh masyarakat sekaligus Lembaga Adat Salaon Bius Sitolu Hae Horbo.

Atas nama masyarakat, Torop mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Samosir. Serta berharap sirtunisasi dapat lanjut sampai ke Huta Partukkoan yang mempunyai sejarah sebagia tempat pertemuan para tokoh dulunya. Katanya, masyarakat bersedia dan sudah sepakat memberikan lahan yang akan menjadi sumber sirtu.

Tumpal Simbolon menambahkan, bahwa Desa Salaon Dolok haus dengan pembangunan khususnya sarana dan prasarana. Ia minta tambahan waktu alat berat untuk bekerja di Salaon Dolok terlebih untuk menyambut Natal dan Tahun baru.

Bupati Samosir, Vandiko Gultom menegaskan jalan sepanjang 7,5 km di Salaon akan disirtunisasi. Untuk itu ia minta kepada masyarakat untuk bersedia membebaskan lahan minimal 8 m untuk badan jalan, bahu, dan saluran.

“Sirtunisasi berkelanjutan sampai tahun depan lebih kurang 7,5 km perlakuan di Kenegerian Salaon. Kalau tahun ini tidak tuntas akan dilanjutkan tahun depan,” kata Vandiko disambut tepuk tangan masyarakat.

Kadis PUTR Rudimanto Limbong, mengatakan saat ini alat berat sudah bekerja selama dua minggu untuk melakukan sirtunisasi jalan Salaon Tongatonga-Partukkoan sepanjang lebih kurang 5,3 km. Dan akan melanjutkan pekerjaan 1 bulan ke depan. Ia menyampaikan, sirtu bersumber dari lahan masyarakat secara sukarela.

Pelayanan Gratis

Pada kesempatan itu, Bupati Samosir membawa berbagai pelayanan gratis. Di cantaranya, pelayanan pengurusan administrasi kependudukan, kesehatan gratis, BPJS gratis, dan lainnya.

Vandiko juga memastikan seluruh kelompok tani akan mendapat pupuk organik cair gratis, sebagai perangsang. Selanjutnya masyarakat agar mampu membuat pupuk dengan mengikuti pelatihan dari Pemkab Samosir.

Bupati Samosir bersama Kadis PUTR dan Pj Kepala Desa Salaon Dolok Ramfles Sitanggang dan masyarakat meninjau langsung usulan sirtunisasi jalan dari Salaon Dolok-Partukkoan-Siponggol Tanduk.

Wakil Ketua DPRD Nasib Simbolon mengatakan, Program Bunga Desa sebagai suatu upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai penyelenggara pemerintah, DPRD dan Pemkab Samosir sama-sama melaksanakan pemerintahan dan pembangunan.

Nasib juga mengapresiasi Bupati Samosir yang sudah memperbaiki jalan (hotmix) di Salaon Dolok. “Kehadiran kami untuk mendukung program pembangunan di Kabupaten Samosir,” katanya.

Sebagai bentuk perhatian, kepada Desa Salaon Dolok, Bupati Samosir memberikan tambahan anggaran Rp100 juta untuk pembangunan penataan desa wisata. Masyarakat yang merasa bangga dengan perhatian dan pembangunan, menyerahkan cenderamata berupa Ulos kepada Bupati Samosir.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment